Sunday, 29 January 2017, 11:49:47 am

Salin Tuding Tanggung Jawab Tumpukan Sampah Kali Kemuning

By: Surya
Aug 07, 2018 10:18
88

SAMPANG - Polemik aturan larangan buang sampah di sungai secara sembarangan, seperti yang diberitakan berita sebelumnya (6/8). Seperti yang terlihat di sungai di Jalan Bahagia, Kecamatan Kota, Kabupaten Sampang. Berbagai macam sampah rumah tangga terlihat menumpuk di sungai. Selasa, (7/8/2018).


Tumpukan sampah tersebut membuat aliran sungai tidak lancar. Apalagi sekarang sedang musim kemarau, volume air sungai turun. Akibatnya, tumpukan sampah tidak bisa cepat hanyut terbawa arus sungai. Tumpukan sampah itu menimbulkan bau tidak sedap.


Kepala Bidang (Kabid) Penataan dan Pengendalian Hidup Moh. Zainullah mewakili Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sampang menjelaskan, permasalahan tersebut sebenarnya menjadi momok utama bagi pihaknya. Namun, dikarenakan tidak adanya anggaran untuk mengatasi permasalahan tersebut, pihaknya tidak dapat berbuat banyak.


"Kalau dari pihak kami, memang tidak ada anggaran untuk mengatasi permasalahan ini, utamanya untuk pembersihan sungai. Seharusnya yang pro aktif dalam hal tersebut adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sampang. Serta, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sebagai penegak Perda-nya tentang larangan tersebut," ungkap Zainullah.


Sementara, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melalui Kasi Perlindungan dan Pemanfaatan Sungai Erfan Efendi mengungkapkan, anggaran pembersihan kali kemuning tersebut wewenang Provinsi Jawa Timur (Jatim) khususnya pihak BBWS Jatim


"Terkait permasalahan yang dimaksud, kami masih menunggu dari pihak BPWS Jatim mas. Karena anggaran tersebut masuk wewenang pihak mereka, apalagi untuk ngangkut sampah. Program kami hanyalah memberikan himbauan dan sosialisasi saja, utamanya sosialisasi untuk larangan membuang sampah sembarangan," tandasnya. (Riz)


Create



Masuk