Sunday, 29 January 2017, 11:49:47 am

Pemenang Pilkada Sampang Tunggu Rekapitulasi KPU

By: Surya
Jun 28, 2018 09:39
283

 Sampang - Proses pencoblosan Pemilukada di Kabupaten Sampang telah selesai. Pilkada berlangsung berjalan aman dan lancar. Tiga pasangan yang bertarung untuk menduduki kursi Bupati dan Wakil Bupati periode 2018-2023 adalah nomor urut 1 H Selamet Junaidi-H Abdullah Hidayat (Jihad), pasangan nomor urut 2 H Hermanto-H Suparto (Mantap), dan nomor urut 3 H Hisan-H Abdullah Mansyur (Hisbullah).


Dari 3 pasangan calon yang telah bertarung untuk memperoleh suara terbanyak kali ini, perolehan suara pasangan Jihad dan Mantap terpaut tipis. Bahkan, keduanya saling mengklaim menjadi pemenang Pilkada Sampang berdasarkan hasil quick count.

Menyikapi saling klaim tersebut, pihak KPUD Sampang mengingatkan bahwa hasil quick count tidak bisa dijadikan patokan. Untuk itu, semua pihak diminta untuk menunggu penetapan hasil rekapitulasi dari KPUD.

"Hasil quick count tentunya masyarakat Sampang sudah melek politik, karena yang bisa dipertanggungjawabkan mengenai hasil rekapitulasi untuk pemenang Pilkada adalah KPU," kata Miftahur Rozaq, devisi Parmas dan SDM Komisioner KPU Sampang, Kamis (28/6/2018).

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Rozaq ini menjelaskan, sesuai tahapan, pada 28 Juni-4 Juli baru dilakukan rekap di PPK. Kemudian 4 Juli-6 Juli 2018 akan dilakukan rekap di tingkat kabupaten.

"Sesuai regulasi PKPU nomer 9 tahun 2018 yang tertuang dalam pasal 29 ayat 1, penentuan pemenang Pilkada setelah rekap di Kabupaten," tandasnya.

Sekadar diketahui, pasca pencoblosan Pilkada di Sampang, tadi malam dua kubu pasangan Jihad dan Mantap merayakan kemenangan berdasarkan hasil qiuck count. Bahkan, dugaan sementara perolehan suara pasangan nomor urut 1 dan 2 ini hanya selisih beberapa persen. Namun, jika mengacu pada regulasi PKPU pemenang Pilkada baru bisa diketahui setelah KPU melakukan rekap di tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan antara 4-6 Juli 2018 mendatang. (cik)


Create



Masuk