Sunday, 29 January 2017, 11:49:47 am

NOMER URUT PARPOL PESERTA PEMILU 2019

By: Surya
Feb 18, 2018 15:59
151

Inilah Nomer Urut Parpol Pemilu 2019


JAKARTA, (SNw).- Nomor urut partai politik Pemilu 2019 telah diundi KPU RI di Jakarta, Minggu, 18 Februari 2018. Sebanyak 14 partai politik peserta Pemilu 2019 menunjukkan antusiasme saat mengetahui nomor urut yang mereka peroleh.

Seperti dilansir Kantor Berita Antara, proses pengundian nomor urut partai politik Pemilu 2019 diawali dengan mengambil nomor antrean terlebih dulu. Urutan partai yang mengambil nomor antrean ditentukan berdasarkan daftar hadir.

Sesuai daftar hadir urutan partai yang berhak mengambil nomor antrean lebih dulu secara berturut-turut yakni Partai Garuda, Berkarya, PSI, Hanura, Golkar, PDIP, Nasdem, Gerindra, PKB, PAN, Perindo, PKS, Demokrat, dan PPP.

Nomor urut partai politik Pemilu 2019 yang telah diperoleh yakni:

1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
2. Partai Gerindra
3. PDI Perjuangan
4. Partai Golkar
5. Partai Nasdem
6. Partai Garuda
7. Partai Berkarya
8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
9. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
10. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
11. Partai Solidaritas Indonesia
12. Partai Amanat Nasional (PAN)
13. Partai Hanura
14. Partai Demokrat

Dalam acara pengundian nomor urut ini hadir sejumlah pimpinan parpol, antara lain dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto, Fadli Zon, Ahmad Muzani, dan Sandiaga Uno. Dari PSI, Grace Natalie, Raja Juli Antoni, dan Isyana Bagoes Oka. Dari PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, Hasto Kristiyanto, dan Hendrawan Supratikno. Dari PAN, Zulkifli Hasan, Eddy Soeparno, dan Yandri Susanto.

Kemudian dari Berkarya, Tommy Soeharto dan Neneng A Tutty. Dari Hanura, Oesman Sapta Odang. Dari Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, Eddy Baskoro, dan Hinca Panjaitan. Dari Perindo Hary Tanoe Sudibjo. Dari GolkarAirlangga Hartarto. Dari PPP, Ronahurmuziy. Dari PKB, Muhaimin Iskandar. Dari PKS, Sohibul Iman. Dari Nasdem, Johnmy G Plate dan dari Garuda, Ahmad Ridha Sabana.

Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan nomor urut partai Pemilu 2019 berbentuk bola kaca transparan dengan gambar peta Indonesia. Hal ini sebagai simbolisasi KPU akan selalu mengedepankan kinerja yang transparan.

Selebrasi

Sejumlah pimpinan partai politik tampak melakukan selebrasi kecil ketika telah mengetahui nomor urut partai Pemilu 2019. Seluruh pimpinan partai politik yang hadir tampak menebar senyum di hadapan wartawan, seusai mengambil dan menerima nomor urut partainya.

Beberapa di antaranya ada yang berkomentar dan sedikit melakukan selebrasi. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar misalnya, ia tampak sangat senang partainya memperoleh nomor urut 1. Pria yang akrab disapa Cak Imin itu tampak mengangkat kedua tangannya karena sangat gembira.

Sementara itu Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyebut nomor urut tiga adalah nomor yang biasa atau melekat di PDIP. "PDIP dapat nomor PDIP, nomor tiga," ujar Megawati seraya menunjukkan nomor urut partainya kepada wartawan.

Sedangkan selebrasi yang mengundang tawa wartawan, dilakukan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang. Pria yang akrab disapa OSO itu tampak berekspresi kaget namun dia tertawa ketika melihat nomor urut yang diambilnya.

Dia lalu melakukan tos dengan Sekjen Hanura Harry Lontung, dan mengumumkan kepada wartawan bahwa nomor urut partainya adalah nomor urut 13.*

Responden Jkt : Rizal A. | 18 Peb 2018 - 21.30


Create



Masuk