Sunday, 29 January 2017, 11:49:47 am

APBD SAMPANG BURAM DARI SUDUT PANDANG RPJMD-NYA

By: Surya
Oct 04, 2017 07:04
90

ELEGI KABUPATEN SAMPANG  (#edisi kesatu) 

SAMPANG : Sebatas mata memandang memang Kegiatan Pembangunan Sampang jelas-jelas ada, secara legal formal sejak dibuat APBD dengan keseluruhan rangkaian prosesinya itu APBD dibelanjakan tiap tahun, sudah ada sempurnakah atau tidak hal itu menjadi bahasan tersendiri.

Seperti yang telah dikeluhkan oleh tokoh masyarakat Sampang sebagai usahawan lokal tingkat kecamatan H. Syamsul / 55 tahun (Kec. Omben), nama ini tidak asing di kalangan pelaku industri kecil UMKM, masalah klise yang ada di Sampang adalah sulitnya masyarakat dalam pemenuhan Air Minum dan Irigasi. Sementara disisi yang lain infrastrukturnya yang tidak pernah selesai untuk kebutuhan dasar transportasi antar desa, apalagi antar dusun / perkampungan.

Menurutnya " sungguh sangat aneh di Sampang ini kemana arah manfaat dan fungsi dana pembangunan itu juntrungnya sekian puluh tahun lamanya, untuk masyarakatnya". 

Lalu sebenarnya dimana letak kesalahan awal konsep dan pelaksanaan pembangunan di Sampang ?

Kalau menunjuk nama dan menyalahkan salah satu lembaga/SKPD rasanya juga bukan suatu pendapat yang bijak.

Tapi ini mungkin agak ekstrim kalaupun benar bahwa setiap lembaga pemerintah ada Pilot dan Pemimpinnya.

Hanya memang kemudian tidak bisa kita lantas menuding kesalahan berawal dari sang Pilot atau Pemimpin, karena prosesi munculnya pilot/pemimpin tidak terlepas dari kita semua juga.


= be continued..

by : (ahmad/AH)




Create



Masuk