Sunday, 29 January 2017, 11:49:47 am

Satpol PP Sampang Tak Berkutik Tanggani PKL 

By: Surya
Mar 31, 2018 16:43
50

Sampang - Kinerja satuan polisi pamong praja (Satpol PP) Kabupaten Sampang sebagai penegak Peraturan Daerah (Perda) patut dipertanyakan. Pasalnya, sampai sekarang banyak sekali Pedagang Kaki Lima (PKL) yang melanggar Perda namun tidak ditertibkan.


Seperti, PKL yang menggunakan fasilitas terotoar terutama di sepanjang jalan Wijaya Kusuma. Sampai sekarang masih terus beroperasi. Parahnya, selama ini tidak ada teguran dan penindakan oleh Satpol PP.


Samsul Arifin, anggota komisi I DPRD setempat mengatakan, sejauh ini pihaknya tidak melihat kinerja maksimal dari Satpol PP untuk menegakkan Perda di Kabupaten Sampang. Padahal, banyak sekali pelanggaran yang terjadi di sekitar kota.

"Berjualan di terotoar itu jelas melanggar Perda, kemana Satpol PP padahal dia dibayar pemerintah," terangnya, Sabtu (31/3/2018).


Samsul menjelaskan, sejauh ini permasalahan PKL di kota Sampang memang cukup rumit. Karena, tidak ada lahan khusus untuk dijadikan tempat relokasi PKL.


"Kami akan bicarakan hal itu dengan pimpinan, nantinya dipanggil dinas terkait dengan keberadaan PKL," ujarnya.


Menanggapi hal itu, Kabid Penegakan Perda dan Ketertiban Umum Satpol PP Hj Chairijah membenarkan bahwa selama ini PKL yang berjualan di terotoar belum bisa ditertibkan. Alasannya, karena masih belum ada Perbup yang mengatur.


"Relokasinya kan belum ada, iya memang melanggar Perda, tapi perbupnya kan belum ada," tandasnya.


Create



Masuk