Sunday, 29 January 2017, 11:49:47 am

Ribuan Warga Sampang Belum Bisa Menikmati Listrik

By: Surya
Apr 20, 2017 14:30
198

Sampang - Sebanyak 34 ribu kepala keluarga beserta istri dan anaknya yang tinggal di 192 dusun se Kabupaten Sampang, Madura. Sampai saat ini belum bisa menikmati jaringan listrik.


Mohamad Salim, salah satu perwakilan warga mengatakan, pihaknya menuntut agar pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, bisa membebaskan 34 kepala keluaraga (KK) yang tinggal di 192 dusun tersebut dari kegelapan.


"Saya berharap Pemkab serius untuk menyelesaikan persoalan kelistrikan ini, karena kami selaku warga negara Indonesia memiliki hak yang sama," tegasnya, Kamis (20/4/2017).


Sementara itu, kepala Dinas PMD setempat, Malik Amrullah mengakui kalau pihaknya baru akan mengusulkan pengadaan listrik pada perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD 2017 untuk subsidi bagi masyarakat kurang mampu. Dengan rincian biaya pasang baru (PB) listrik sekitar Rp 700 ribu untuk satu kepala keluarga (KK) dengan alokasi 429 pelanggan yang kurang mampu dengan daya 900 watt. "Kita sudah masukkan dalam perencanaan, subsidi itu untuk orang-orang yang sudah daftar ke kami," terangnya. 


Terpisah, Manajer PLN Rayon Sampang, Umar Solehan menyarankan agar Pemkab setempat membuat nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan PLN untuk menangani persoalan kelistrikan. 


"Masalah mendasarnya ada dua yaitu pertama jaringan listrik tidak merata dan masyarakat untuk menyambung jaringan listrik itu tidak mempunyai uang," ungkapnya. 


Menurutnya PLN mempunyai misi untuk menerangi nusantara namun cita-cita itu tidak akan tercapai tanpa bantuan dari pemerintah daerah.*


Create



Masuk