Sunday, 29 January 2017, 11:49:47 am

Air PDAM Sampang Bocor

By: Surya
Feb 23, 2017 16:58
83

Sampang  - Diyakini adaanya kebocoran penggunaan air, sejumlah anggota Panitia Kerja (Panja) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang, mendatanggi sumber mata air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Trunojoyo yang terletak di Dusun Tengah, Desa Gunung Maddah. Alasan kedatangan rombongan anggota Panja PDAM itu, karena selama dua tahun terakhir, kebutuhan air bersih para pelanggan PDAM selalu dikeluhkan.
Anggota Panja PDAM Trunojoyo, Samsul Arifin, mengatakan, dari lima titik sumber mata air yang menyuplai ke wilayah Sampang kota, tercatat sebanyak 150 liter per detik dengan jumlah pelangan sebanyak 8 ribu.
"Kebutuhan air per KK di wilayah Sampang kurang lebih sebanyak  80 liter per detik. Jadi masih ada 70 liter per detik air yang hilang entah kemana," terangnya, Selasa (14/2/2017).
Ditempat yang sama, menurut Subaidi, staf Perencana PDAM Trunojoyo, saat dikonfirmasi tidak mengelak jika di wilayah kota hingga saat masih kekurangan suplai air. Namun, pihaknya tidak bisa memastikan jumlah kekurangan air tersebut.
"Untuk managemen PDAM saat ini sudah mulai ada perbaikan, cuma kami rekomendasikan kalau debet air di sini yaitu 20-30 liter per menitnya," jelasnya.
Disinggung kekurangan air karena diduga ada oknum yang sengaja membocorkan, Subaidi mengaku tidak bisa memastikan.
"Mungkin karena memang sumber air yang ada masih belum memadai dan mungkin juga karena memang ada pipa yang bocor. Karena selama ini alat pendeteksi kebocoran pipa masih belum ada," tandasnya.ch


Create



Masuk