Sunday, 29 January 2017, 11:49:47 am

MK Putuskan KPU Sampang Wajib Gelar PSU

By: Surya
Sep 05, 2018 11:15
105

SAMPANG - Mahkamah Konstitusi (MK) telah resmi membacakan putusan gugatan sengketa Pilkada di Kabupaten Sampang. Hasilnya, penyelengara pemilu yakni KPU setempat wajib melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di seluruh TPS se Kabupaten. Alasanya, Daftar Pemilih Tetap (DPT) saat Pilkada Bupati dan Wakil Bupati serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 27 Juni 2018 lalu, tidak logis.

"Sesuai dengan amar putusan MK, KPU diperintahkan segera menggelar PSU Pilkada Sampang 2018, dengan terlebih dahulu melakukan perbaikan terhadap DPT)," terang Ketua KPU Sampang, Syamsul Muarif, Rabu (5/9/2018).

Lanjut Muarif, dalam pelaksanaan PSU tersebut, pihaknya diberikan batas waktu 60 hari usai ditetapkan hasil amar putusan MK. "Sesegera mungkin kami akan mengadakan rapat dan konsultasi, utamanya mengenai pembenahan tahapan DPT PSU Pilkada," imbuhnya.

Sementara, Kapolres Sampang AKBP Budi Wardiman menjelaskan, amar putusan MK tersebut merupakan keputusan mutlak. Oleh sebab itu, diharapkan kepada seluruh elemen masyarakat dapat menghormati dan menghargai keptusan yang dimaksud.

"Kami berharap semua pihak bisa menghormati keputusan MK ini. Serta, sama-sama menjaga kondusifitas keamanan, kami juga menghimbau agar semua elemen masyarakat untuk tenang," pungkasnya.(Rsk)


Create



Masuk