Sunday, 29 January 2017, 11:49:47 am

Juara 1 PHBS Sampang Kalahkan 38 Kabupaten di Jawa Timur

By: Surya
Jul 13, 2018 14:42
176

SAMPANG - Desa Napo Laok, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang terpilih menjadi Juara 1 Desa Terbaik lomba perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) tingkat Provinsi Jawa Timur.


Hal tersebut diketahui ketika Puncak Peringatan Hari Keluarga Ke-XXV Tingkat Provinsi Jawa Timur yang digelar di Kabupaten Madiun tersebut sekaligus diserahkan penghargaan kepada pemenang lomba PHBS Tingkat Jawa Timur.


Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi Jatim Dra. Hj. Nina Soekarwo, M.Si kepada Ketua TPP PKK Sampang Anna Eko Prapti ketika puncak peringatan Hari Keluarga Hj Ke-XXV Tingkat Provinsi Jawa Timur yang digelar di Madiun, (13/07/2018).


Turut hadir pula dalam acara tersebut diantaranya Bupati Sampang H. Jonathan Judianto, Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang Putut Budi Santoso, Camat Omben dan Kepala Desa beserta Ketua PKK Napo Laok Kecamatan Omben.


Bupati Sampang H. Jonathan Judianto mengaku bangga atas keberhasilan Desa Napo Laok yang berhasil menyabet Juara 1 Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Se Jawa Timur.


Pihaknya tidak menduga jika delegasi Kabupaten Sampang bisa mengalahkan 38 Kabupaten lainnya di Jawa Timur.


"Tentunya sangat bangga dan senang, yang paling penting nantinya bisa mempertahankan prestasi yang kita raih tersebut dan tetap menjaga lingkungan yang bersih dan sehat," ucapnya.


Keberhasilan Desa Napo Laok tersebut menurutnya tak lepas dari peran dan dukungan seluruh PKK Desa, Kecamatan, Kabupaten terlebih lagi masyarakat setempat yang antusias dan dengan semangat tinggi mengubah pola hidup bersih dan sehat.


Desa tersebut dinilai berhasil mengupayakan pembinaan terus menerus dan berjenjang, mengaktifkan seluruh kelompok desa wisma, pembinaan KB dan ibu hamil.


Kemudian tersedianya posyandu lansia, penyuluhan penggunaan jamban sehat, penyuluhan pemanfaatan buah dan sayur, serta lingkungan rumah bebas asap rokok.


Sementara itu, hal senada disampaikan oleh Kepala Desa Napo Laok Abd Basid, pihaknya sangat bersyukur atas kerja keras seluruh pihak yang turut mendukung desanya untuk berprestasi dan mengharumkan nama Kabupaten Sampang.


Menurutnya, pencapaian tersebut berkat kerja keras dan kepatuhan warga Napo Laok serta dukungan lintas elemen yang ada di Kecamatan Omben dan di Kabupaten Sampang untuk bersama-sama mencapai target juara.


"Alhamdulillah, dengan dibantu oleh seluruh pihak akhirnya bisa membawa Desa kami Juara 1 PHBS Se Jawa Timur, semoga ini bisa meningkatkan dan menjadi pelecut semangat kami untuk terus berprestasi," ungkapnya.


Pihaknya mengaku selama ini terus gencar melakukan sosialisasi dan gerakan ke masyarakat untuk terus meningkatkan kepedulian hidup bersih dan sehat.


"Kepada warga Napo Laok kami sangat berterimakasih karena selama ini telah bertekad mempertahankan budaya hidup bersih dan sehat," tuturnya


Pihaknya berharap kedepan prestasi tersebut dapat tertular ke Desa lainnya dan mengimplementasikan juara tersebut ke kehidupan masyarakat luas. (CIK)


Create



Masuk