Sunday, 29 January 2017, 11:49:47 am

Dinkes Sampang Persulit Pencairan Jaspel Bidan ?

By: Surya
Jul 23, 2018 07:05
268

SAMPANG - Beberapa bidan di sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se Kabupaten Sampang, Madura. Mempertanyakan nasib pembayaran uang Jasa Pelayanan (Jaspel) kesehatan dari dana kapitasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) setempat tahun anggaran (TA) 2016-2018 yang masih belum diterimanya hingga saat ini.


Sehingga, belum cairnya Jaspel ini membuat keresahan sejumlah bidan tentang hak mereka yang saat ini masih ngendon di Kas Daerah (Kasda). "Kita sudah menayakan ke Dinkes tentang Jaspel kami yang belum cair," kata Bidan yang engan disebutkan identitasnya, Senin (23/7/2018).


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang sendiri, utamanya pihak Dinas Kesehatan (Sampang) dinilai miring oleh sejumlah tenaga medis khususnya para Bidan Puskesmas. Sebab, terkesan mengesampingkan nasib dari beberapa bidan yang dimaksud.


Terpisah, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Dinkes Sampang, Darwati berdalih jika dirinya hanya melayani Jaspel yang berhubungan dengan persalinan dan rawat inap yang ditangani oleh BPJS saja. Selain itu proses pencairan uang Jaspel kesehatan tersebut, tergantung dari sikap pro aktif Puskesmas.


"Saya hanya menerima berkas saja dari Puskesmas. Karena kalau tidak ada tanda tangan saya di jaspel itu tidak akan cair. Nah kalau puskesmas itu sendiri tidak menyetor berkas ke sini maka tidak akan cair, tapi jangan kuwatir jika uang Jaspel tidak akan hangus," ujarnya saat ditemui di ruang kerja Dinkes setempat.


Menurutnya, jika alur penerimaan Jaspel berawal dari verifikasi berkas klaim pihak Puskesmas ke BPJS, seperti halnya verifikasi berkas persalinan dan berkas rawat inap. Dengan rincian Jaspel persalinan sebesar 75% serta untuk Kas Daerah (Kasda) sebesar 25%.


"Pokoknya kalau Puskesmas nyetor ke kami, nantinya akan kami koreksi, verifikasi dan ajukan ke bagian keuangan. Setelah diterima dan fix dari bagian keuangan, baru kita cairkan," tandasnya.


Sekedar diketahui, menurut informasi dari pihak BPJS Sampang jika pihaknya selama ini sudah melakukan pembayaran secara rutin sesuai dengan prosedur melalui Kasda Pemkab Sampang.(Cik)


Create



Masuk