Sunday, 29 January 2017, 11:49:47 am

Dinkes Bagikan Abate Gratis

By: Surya
Mar 29, 2018 17:47
159

Sampang - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, membagikan 10.000 bungkus abate gratis kepada masyarakat di wilayah setempat untuk mencegah wabah penyakit demam berdarah.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Dinkes Kabupaten Sampang Agus Mulyadi di Sampang, Sabtu, langkah itu dilakukan karena di Sampang sudah ada beberapa kasus demam berdarah yang dialami warga.

"Mulai Januari hingga Maret ini sudah ada 89 warga Sampang yang positif menderita demam berdarah," ujar Agus.

Oleh karenanya, sambung dia, pihaknya bergerak cepat melakukan berbagai upaya antisipasi, di antaranya dengan membagikan abate kepada masyarakat di wilayah dengan kasus demam berdarah.

"Abate yang kami berikan itu secara gratis dan penyalurannya melalui masing-masing puskesmas yang tersebar di daerah ini," katanya.

Selain membagikan abate, Dinkes Sampang juga melakukan pengasapan (fogging) di sejumlah kecamatan yang bekerja sama dengan puskesmas setempat.

Menurut Agus, selain demam berdarah, jenis panyakit lain yang perlu diwaspadai selama musim hujan seperti sekarang ini adalah leptospirosis.

Agus menerangkan jenis penyakit ini pernah mewabah di Sampang beberapa tahun lalu, bahkan ada warga yang meninggal dunia akibat penyakit itu.

"Penyakit leptospirosis ini perlu diwaspadai karena di Sampang ini juga sering terjadi banjir," ujar Agus.

Pada 2013, Pemkab Sampang mengumumkan status kejadian luar biasa (KLB) kasus leptospirosis.

"Kami juga mewaspadai jenis penyakit ini bisa mewabah di Sampang tahun ini, apalagi banjir sering terjadi akhir-akhir ini," ujarnya.


Create



Masuk