Sunday, 29 January 2017, 11:49:47 am

BPBD Sampang Angkat Tangan Atasi Kekeringan 42 Desa

By: Surya
Jul 30, 2018 09:58
119

SAMPANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Sampang) diduga belum bisa memberikan langkah-langkah dalam mengatasi kekeringan yang melanda 42 Desa disejumlah Kecamatan di Kabupaten Sampang.


Kecamatan yang dilanda kekeringan tersebut lebih tepatnya kecamatan-kecamatan yang berada di daerah utara Kabupaten Sampang, diantaranya meliputi Kecamatan Kedundung, Kecamatan Robatal, Kecamatan Karang Penang, Kecamatan Pangarengan dan Kecamatan Jrengik.


Sementara itu, Kepala BPBD Anang Djoenaedi menjelaskan bahwa kendala pihaknya dalam memberikan bantuan tersebut lantaran minimnya Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) Sampang.


"Kami menunggu bantuan dari Provinsi, karena disaat kami minta bantuan untuk menggunakan APBD Sampang. Kami disarankan untuk menunggu dari provinsi, karena pihak provinsi punya dana yang harus diserap terlebih dahulu," jelasnya saat dikonfirmasi via seluler.


Lanjut Anang, dirinya mengungkapkan jika kekeringan yang melanda 42 Desa tersebut masuk kategori kering kritis tahunan.


"Kekeringan tersebut dikarenakan memang sudah masuk musim kekeringan. Dari pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) saja diperkirakan mulai Bulan Juli sampai Bulan Oktober daerah-daerah yang dimaksud akan dilanda kekeringan, walaupun di wilayah yang lain masih ada hujan," tandasnya. (Riz)


Create



Masuk